Sunday 19 May 2013

Sulitnya Mencari Link Wiper Mobil Twin Cam

Ini benar-benar pengalaman berharga ketika membeli mobil bekas. Ketika kita baru saja melihat mobil bekas yang kurang bagus, kemudian beberapa jam kemudian ketemu mobil bekas yang lebih bagus dan cantik, maka boleh jadi naluri kita akan segera menetapkan mobil yang terakhir yang dibeli.

Begitu pengalaman saya ketika membeli mobil bekas dengan merk Toyota Corolla Twin Cam SE Limited tahu 1990.  Ketika itu saya mengajak istri dalam mencari sedan murah. Sebelumnya saya ketemu dengan Suzuki Jimmy yang seal mesinnya bocor dan Toyota DX 83 yang cat ulangnya kurang bagus.

Sekembalinya melihat-lihat kedua mobil itu dan gagal membelinya, akhirnya kami kepergok sedan yang sedang dipajang di pinggir jalan. Tampilannya menarik dan berwibawa, ya dialah si favorit Corolla Twin Cam dari Toyota itu.

Itulah, yang namanya mobil kadang seperti cewek. Cewek cantik pasti punya kelebihan meski sedikit saja, namun mampu menaklukkan hati. Padahal jika diselidikin, ada saja kurangnya, tapi tentu saja setelah "menikmatinya". Jangan pikir macam-macam lho, maksudnya setelah sang gadis sudah kita kenal lebih jauh dan pastinya ketemu deh kekurangannya.

Demikian juga mobil. Baru seminggu menikmati sedan elite di zamannya itu, wipernya langsung macet. Musim hujan pula. Syukurlah hanya sebelah. Celakanya, justru wiper yang di depan setir mobil. Bahaya !

Akhirnya mau tak mau saya cari tuh wiper. Ketika ditanya ke teman yang kerja di bengkel, bukan wiper yang kena. Tapi "link wiper", atau sumbunya. Kalo wiper sih bejibun di toko. Udah satu minggu baru ketemu tuh link wiper. Saya tidak tahu apa ada memang mafia link wiper mobil lama atau memang benar-benar langka.

Setelah ketemua harganya juga selangit. Sang penjual mati-matian bilang jika link wiper Twin Cam memang langka, udahlah jika tak dibeli gua bisa celaka. Harga pas Rp 350.000,- langsung pasang, celaka bener!. Yang bikin sakit hati, tiga bulan kemudian seorang teman yang kebetulan menyetel kap mesin bercerita bahwa kita mesti hati-hati dalam memperbaiki wiper atau link wiper. Montir bisa saja mengganti boostnya dengan yang bekas

Biasanya, link wiper jarang yang rusak. Yang bermasalah malah boostnya wiper. Haduh pusing, udahlah ini pengalaman, mudah-mudahan dapat membantu pembaca yang baru saja membeli mobil baru atau bekas. hati-hati dengan boost nya wiper dehh....




No comments:

Post a Comment