Sunday 19 May 2013

Cara Baca Kode Oli

Apa bedanya oli mesin dengan oli roda gigi? Apa pula maksudnya SAE yang selalu tertera pada kemasan oli? Mengapa pemilik kendaraan di wilayah beriklim sedang lebih repot daripada di wilayah beriklim panas seperti kita?
Jika kita mengambil satu kemasan oli mesin, kita akan menjumpai tulisan misalnya SAE 40, SAE 20W, atau SAE dengan angka yang berbeda pada labelnya. Kalau tulisan tadi tidak kita temukan, mungkin saja tertulis SAE 20W-40, SAE 20W-50, atau SAE dengan pola sama tapi angkanya berbeda.

Tulisan pada label itu menunjukkan viskositas pelumasnya. Viskositas adalah besaran fisika yang berhubungan dengan kemampuan oli atau pelumas mengalir. Orang awam biasa menyebut sebagai kekentalan. Sekadar untuk gambaran bisa dilihat perbedaan antara Susu Kental Manis (SKM) dengan air. SKM memiliki kekentalan lebih tinggi ketimbang air. Artinya, SKM memerlukan waktu lebih lama untuk mengalir dibandingkan air.

Demikian perbedaan viskositas antara oli dan air. Jadi bertambah lama waktu yang diperlukan suatu cairan mengalir, bertambah besar nilai viskositasnya.

No comments:

Post a Comment