Thursday 29 August 2013

Sebab Lain Kipas Radiator Mati

Lazimnya, kipas radiator mati disebabkan usia dinamo extra fan yang sudah uzur. Penyebab utama lainnya adalah pemilik bersepakat untuk tidak menggunakan thermostat atau switching yang berfungsi mengatur hidup matinya kipas seiring dengan kemampuannya membaca temperatur mesin.

Oleh montir, dinamo yang tidak berfungsi akan diservis dengan cara membersihkannya. Cara ini terbukti efektif dalam jangka pendek. Dinamo extra fan yang sudah uzur akan mengeluarkan bunyi berisik seakan mengeluarkan jeritan yang meminta pertolongan tuannya atau pemilik mobil agar ia segera diganti atau diremajakan.

Pemakzulan fungsi switching juga dapat mengakibatkan usia kipas radiator tidak panjang. Memang, selama pemakaian, ia akan berusaha menjamin agar mesin tetap dingin. Ini biasanya dilakukan pemilik mobil di Jakarta yang sering terjebak macet, apalagi saat cuaca panas.

Biasanya, matinya kipas radiator segera diketahui dengan melihat jarum temperatur mesin pada dash board. Selain itu, akan terdengar suara mendesis dari radiator, dan ketika kap mesin dibuka, suara air mendidih akan terdengar dari radiator. Sebaiknya matikan mesin Anda dan segeralah untuk membawa mobil ke bengkel. Pembiaran mesin dalam temperatur tinggi atau tidak normal akan dapat merusak paking diesel, atau merusak mesin gitu deh.

Adapun penyebab kipas radiator mati atau kinerjanya tidak maksimal adalah kabel listrik yang mensuplai arus dalam kondisi rusak, robek atau genting. Artinya arus listrik menuju dinamo kipas tidak maksimal, akibatnya dinamo kipas juga dapat ngedrop atau rusak.

Oleh sebab itu, pemilik mobil mesti memeriksa kabel-kabel (listrik) secara berkala untuk menjamin sistem kelistrikan mobil berjalan maksimal. Sekurang-kurangnya kabel-kabel dirapikan agar kinerjanya terjaga.

Bagaimana, apakah Anda punya pengalaman yang sama seperti postingan ini?



1 comment:

  1. Penyebab lainnya extra fan yang mendinginkan radiator mati adalah karena carbon brush yang sudah aus! dimana carbon brush tersebut berfungsi menghantarkan arus listrik ke kolektor pasangannya, karena terus menerus bergesekan dengan kolektor, lama-lama penghantar arus ini aus, sehingga tidak menempel sempurna pada kolektor, akibatnya putaran motor tersendat-sendat, atau mati sama sekali!
    rental mobil bandung

    ReplyDelete