Saturday 14 March 2015

Apa Tujuan Perawatan Mobil

Ya, jika anda memiliki mobil, adalah suatu kewajiban untuk melakukan perawatan secara berkala. Mengapa, karena mobil adalah aset Anda, di mana harganya cukup mahal. Sebanding dengan manfaatnya dan terkadang-maaf-mobil mampu menunjukkan prestasi Anda kepada penduduk bumi. Ya, semacam pengakuan lah begitu. Maslow menyebutnya dengan Esteem.

Di samping itu, berlaku hukum positif negatif. Jika Anda berbuat baik kepada mobil, ia akan berbuat baik kepada Anda. Tapi jika sebaliknya, tanggung sendiri akibatnya. Di samping itu, mobil adalah benda mati yang bisa Anda buat seolah hidup. Ia memiliki energi yang besar, yang mampu mengantar Anda ke tempat yang jauh, yang Anda bahkan tak membayangkan sebelumnya.

Sudahlah tak perlu bertele-tele, berikut ini bagian apa saja yang wajib diservis atau Anda wajib melakukan  perawatan berkala :
  1. Kuras oli power rack steer (rak stir) tiap 20.000 km untuk menjaga kehalusan batang rack steer (bagian dari power steering), menjaga awetnya seal-seal power steering, slang-slang power steering terkontrol, menjaga kestabilan stir, dan setir menjadi ringan.
  2. Kuras tangki bahan bakar tiap 30.000 km agar tangki tidak cepat keropos dan slang-slang bensin terkontrol.
  3. Penggantian pompa bensin gunanya agar mobil tidak ndut-ndutan, dan tidak boros bensin.
  4. Periksa rem tiap 10.000 km agar kanvas rem terkontrol, rem jadi pakem, disk brake terkontrol, dan slang-slang rem juga stabil.
  5. Kuras radiator tiap 10.000 km agar mesin tidak over heat, mencegah korosif dalam blok mesin slang-slang air dalam mesin awet dan tidak mogok.
  6. Accu harus diperiksa berkala, jangan biarkan ada kotoran pada kepala aki agar tidak korosif, dan periksa kekencangan jepitan aki.
  7. Ganti timing belt tiap 40.000 km, agar mesin tidak mogok, klep tidak bengkok, mencegah turun mesin dan tidak keluar biaya besar jika diganti dengan disiplin
  8. Tune up tiap 7.500 km, bensin tidak boros, tarikan OK dan suara halus
Demikian sekelumit perawatan apa saja yang wajib dilakukan pada mobil Anda. Terimakasih.

No comments:

Post a Comment