Thursday 8 January 2015

Mengganti Bola Bola Stir dan Ball Joint

Gejala rusaknya sistem kemudi atau setir mobil adalah dari suara pada bagian dalam (tengah) dashboard. Bunyinya seperti derit daun pintu. Terutama ketika kita memutar stir ke kiri atau kanan. Gejala lainnya adalah pada saat mobil berjalan dengan setir netral maka mobil agak berbelok 10 derajat ke kiri atau ke kanan. 

Gejala yang paling parah adalah kaki kaki bagian depan mobil mengeluarkan bunyi seperti besi yang saling bersentuhan atau bunyi gemertak setiap mobil berjalan dalam putaran dua meter. Dalam kondisi seperti ini kita harus segera melakukan pemeriksaan dan penggantian suku cadang agar terhindar dari mala petaka yang pasti terjadi jika kerusakan tidak segera dihilangkan.

Yang pertama adalah mengganti bola-bola stir. Suku cadang ini sangat vital agar mobil dapat berfungsi sebagai mobil, bukan sebagai mesin pembunuh. Bola-bola setir akan membuat mobil menjadi ringan dalam menghadapi tikungan berat atau parkir di depan bank.

Kedua, bushing arm. Sebaiknya diganti bersamaan dengan penggantian bola-bola stir. Bushing arm yang sudah rusak akan mengeluarkan bunyi berisik dan roda yang mendengung di pagi hari. Jika tidak diganti, akan menjadikan perjalanan Anda menjadi berbahaya. Sebaiknya penggantian bersamaan dengan bushing stabilizer yang berfungsi untuk menstabilkan setir ketika netral apakah tidak membawa mobil Anda ke kiri atau ke kanan tanpa sentuhan pada setir.

Komponen penting lainnya adalah bearing roda. Ganti saja bersamaan sebab jika rusak dapat menyebabka roda bergetar dan mengeluarkan suara gemuruh. Jangan biarkan mobil Anda bergoyang seperti andong.


5 comments:

  1. Replies
    1. Sebaiknya, kaki kaki adalah kekuatan dan kegagahan mobil, seperti pria, dia harus tangguh

      Delete
  2. Sy punya rush lau buat jln diatas 70an keatas mobil trasa liar udah di sporing am balancing sma aj, ap pngaruh di setirny y mas

    ReplyDelete
  3. Sya punya avanza 2010, sdh ganti karet stabil, long tie rod dan tie rod, kini kl jalan di jalan berbatu/koral stir masih agak goyang, apa punya maslah dgn ball joint ya

    ReplyDelete