Tuesday 17 June 2014

Mobil Susah Distart, Bunyi Tek..Tek

Hujan dua hari dua malam di hari Sabtu dan Minggu membuat saya malas ke luar rumah. Meski punya mobil, lebih baik menonton World Cup 2014 Brasil di TV One. 

Akibatnya, saya lupa kebiasaan rutin untuk memanaskan mesin Toyota Corolla Twin Cam yang sudah setia membawa saya ke mana-mana selama setahun terakhir.

Senin pagi saya kaget ketika Twin Cam ini ngambek, tidak mau distart. Yang keluar hanya suara tek...tek ....dari bagian bawah mesin. Mungkin starter tidak bisa menerima bunga api dari accu. Atau memang accu yang tidak bisa mengirim bunga api ke busi. Saya kurang mengerti.

Akhirnya, pagi itu juga saya membuka accu dan membawanya ke seorang kawan yang memang kerjaannya melayani cas accu. Dan sepanjang Senin saya tidak bisa berduaan dengan Twin Cam ke mana-mana.

Teman saya berpesan bahwa mobil wajib dipanaskan mesinnya minimal satu kali sehari. Bukan hanya sekadar dipanaskan, tapi dibawa minimal setengah kilometer per hari, agar oli berjalan melumuri mesin (self maintainance). Di samping itu, dampak yang paling berguna adalah mesin yang berjalan dengan mengeluarkan tenaga dari hasil gerakan piston akan lebih maksimal dari menambah arus listrik di aki.

Dampaknya, kinerja pembangkit listrik di mobil akan stabil. Yang paling utama, accu akan selalu terisi dan potensi maksimal menyimpan strum lebih OK. 

Dan mobil akan mudah distart, kinerja listrik juga sempurna dalam menyalakan lampu, tape mobil, power window, AC dll.

Pernah mengalami mobil susah distart?


No comments:

Post a Comment