Friday 15 August 2014

Setir Mobil Berdengung, Ada Apa?

Kebanyakan pemilik mobil kebingungan ketika timbul masalah pada mobil nya. Jangankan mesin, setir atau pun kondisi kaki-kaki membuat orang kebingungan. Ada apa dengan mobil yang dimiliki?

Satu hal yang umum terjadi adalah ketika setir diputar, terutama di garasi, apalagi pagi hari. Keluar suara berdengung. Saya sendiri pernah berdiskusi dengan pemilik mobil, bahkan supir yang berpengalaman dengan mobil, mobil lama malah.

Jawabannya bervariasi, ada yang mengatakan pompa air harus diganti, dan minyak power steering yang tersumbat, bocor atau perlu ditambah.

Setir berdengung atau mengeluarkan bunyi detak memang bisa membuat kita cemas. Was-was jika tiba-tiba setir lepas, patah atau selip ketika mobil sedang berlari kencang.

Lalu apa tindakan kita jika menemukan problem seperti judul di atas? Pengalaman saya, pertama periksa kondisi tekanan ban dan angin. Jika salah satu ban kempis atau kurang angin segera bawa ke bengkel untuk menambah angin.

Kedua, pastikan tekanan ban dan angin seimbang ban kiri dan kanan. Lalu jika sudah, cobalah putar lagi setir ke kiri atau ke kanan ketika mundur dari garasi atau tempat parkir mobil di pagi hari. Jika masih berdengung, cobalah bawa ke bengkel khusus kaki-kaki atau setir. 

Tapi lazimnya kondisi tekanan angin ban depan yang seimbang akan membuat bunyi berdengung hilang.
 

 


No comments:

Post a Comment