Sunday 7 September 2014

Accu dan Dinamo Ampere, Ibarat Tintin dan Snowy

Apa gejalanya ketika aki atau accu Anda mulai uzur alias harus diganti? Tentu saja suara mesin meraung, meminta pengapian sempurna, persis seekor anjing yang kelaparan atawa sekurang-kurangnya minta tulang sekedar diemut.
Aki dan Dinamo, bekerjasama meningkatkan performa mobil Anda

Nah, bicara masalah aki mobil, benda yang satu ini merupakan sumber kekuatan mobil Anda. Jika pria, boleh jadi secara fisik harus mampu menjadi pejantan tangguh, begitu pula kehadiran aki mobil di bawah kap Anda.

Namun ternyata oh ternyata, sang aki tidak bisa hidup sendirian. Ia harus terus menerus memasok energi alias sumber listrik baru atau terbarukan. Itulah fungsi dinamo cass alias dinamo ampere yang wajib mengisi ulang aki mobil dengan listrik. 

Kunci kehidupan aki mobil adalah harus dicas setiap hari. Kenapa, karena seperti manusia, aki merupakan sumber energi dan selalu membutuhkan energi. Salah satu caranya adalah ia mesti memasok energi atau bekerja, dan harus menerima penggantian energi (listrik) yang sudah dipasoknya via dinamo ampere.

Ke mana ia memasok listrik? Tentu saja ke kipas radiator, AC  mobil, lampu-lampu, tape, dashboard, remote, TV, dan yang utama adalah memasok api ke busi via distributor supaya mobil Anda mampu berjalan ke luar propinsi.

Begitu berat tugasnya, dan yang namanya mirip makhluk hidup, ia tidak bisa hidup tanpa ada energi pengganti. Maka pencipta mobil membuatkan untuknya dinamo ampere yang menerima energi dari tenaga mesin, untuk diubah menjadi energi listrik yang membantu kehidupan aki. Begitu siklusnya.

Sedangkan Tintin dan Snowy, sang wartawan muda dari Belgia yang terkenal ke seantero dunia dalam kisah komik berseri, sering hampir tewas dalam tugas. Siapa penyelamatnya? Menurut si empunya cerita, Herge, adalah si anjing pintar bernama Snowy (Milo dalam bahasa Indonesia). Anjing lucu inilah yang selalu menemani bahkan menyelamatkan nyawa Tintin berkali-kali, demikian juga sebaliknya.

Begitulah Accu dan Dinamo Charge, ia akan saling menghidupkan, persis ibarat Tintin dan Snowy.

No comments:

Post a Comment